Peresmian Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia STKIP Siliwangi Bandung

Sabtu, 15 April 2017

Pada hari Sabtu tanggal 15 April 2017 bertempat di Gedung Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung telah dilaksanakan Kegiatan Peresmian Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia STKIP Siliwangi Bandung. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) di STKIP Siliwangi Bandung diresmikan oleh Ketua STKIP Siliwangi Bandung Bapak Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. yang mengikutsertakan pula Ketua P4MRI Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Zulkardi, M.IKom, dan Sekretaris P4MRI Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si.

Harapan dari peresmian P4MRI STKIP Siliwangi Bandung ini adalah sebagai sarana komunikasi antar LPTK yang mengedepankan pengembangan pendidikan Matematika dengan pendekatan realistik sebagai inovasi peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Selain itu Prof. Dr. Zulkardi, M.IKom juga mengemukakan bahwa standar dari P4MRI adalah sebagai berikut:

  • P4MRI adalah lembaga untuk dosen, guru, dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan mengembangkan PMRI.
  • P4MRI adalah pusat konsultasi dan informasi PMRI yang menyediakan informasi, buku, materi pembelajaran, media pembelajaran, agenda untuk pengembangan profesionalitas, workshop, dan pelatihan, jurnal, majalah, dan video.
  • P4MRI adalah pusat pelatihan yang menawarkan pelatihan PMRI yang menarik dan terorganisasi dengan baik serta berfokus pada proses dan isi.
  • P4MRI adalah pusat komunikasi yang menciptakan kerjasama antara sekolah mitra, , LPTK, P4MRI universitas lain, dan pusat kajian nasional dan internasional.
  • P4MRI adalah lembaga yang disahkan oleh rektor universitas yang bersangkutan sebagai satu lembaga semi-independent yang dilengkapi kantor dan staf.

Sehingga dari peresmian P4MRI STKIP Siliwangi Bandung yang langsung dihadiri oleh Ketua Program Studi S2 Pendidikan Matematika (Prof. Dr. Hj. Utari Sumarmo) dan Ketua Program Studi S1 Pendidikan Matematika (Prof. H.E.T. Ruseffendi, Ph.D) serta perwakilan dosen dan mahasiswa S1 & S2 Pendidikan Matematika dapat memberikan motivasi dalam mengembangkan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di STKIP Siliwangi Bandung.